Sabtu, 20 April 2013

Berita Pelalawan

Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau kunjungi BPTP Bali untuk menimba informasi seputar sapi Bali. Hal tersebut dikarenakan, kabupaten yang terletak di sepanjang sungai kampar ini ternyata memiliki populasi sapi Bali yang melebihi jumlah sapi lokal lainnya. Mayoritas penduduk Pelalawan yang bekerja di sektor pertanian ini, jika di total seluruh Kabupaten Pelalawan memiliki ternak sejumlah 6000 ekor sapi Bali, sedangkan sapi jenis lain hanya berjumlah 600 ekor.
Salah satu tujuan ke Bali adalah mengunjungi pasar Beringkit yang berlokasi di Mengwi, Badung. Pasar ini merupakan salah satu pasar sapi terbesar yang berada di Bali. Dalam satu minggu pasar yang dibuka untuk transaksi pada hari rabu dan minggu ini dapat menjual 1000 ekor sapi bali dalam satu hari. Kepala Dinas Peternakan Pelalawan, Ir. Tengku Wahidudin, M.Si mengatakan “Tujuan utama kami ke Beringkit ini adalah untuk melihat langsung dari masalah teknis, manajemen, dan proses pengelolaan pasar secara umum. Selain itu kami juga ingin memotivasi para petugas PPL Peternakan di Pelalawan dengan melihat langsung perkembangan dunia peternakan yang ternyata sangat menguntungkan sekali.
Tengku Wahidudin juga mengatakan bahwa di Pelalawan sudah ada pasar ternak, namun volume masih sangat kecil, hanya 50 ekor saja. Jadi kunjungan ke Beringkit kali ini juga merupakan penjajagan, supaya nantinya bisa diupayakan, Pelalawan mengambil sapi bali, langsung dari sumbernya. Hal ini juga merupakan upaya untuk pemurnian sapi Bali yang berada di Pelalawan, agar performa ternak sapi disana semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar